Oct 19, 2009

EROTIKA fenomena di abad 21

MIX AND MATCH FASHION

Seiring dengan kemajuan teknologi dan percepatan komunikasi serta Informasi memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia. Hal ini memberikan pengaruh juga terhadap perkembangan dunia fashion. Salah satu indikator yang dapat dilihat adalah perkembangan dunia fashion anak muda. Akibat dari fenomena teknologi perkembangan dunia fashion anak muda begitu cepat.

Begitu banyak yang masuk dalam perkembangan tersebut diantaranya pengaruh dari musik , film, internet, majalah asing. Pengaruh-pengaruh tersebut memberikan dampak baik langsung maupun tak langsung dalam gaya berpakaian anak muda saat ini. Contohnya, berkembangnya celana skinny, berani memadupadankan warna-warna yang kontras, penggunaan pattern yang mencolok, dandanan style harajuku (style dari Jepang).



TRANSISI INDUSTRI MUSIK DARI ANALOG KE DIGITAL

Perkembangan dunia musik sangat cepat di era millenium, hal itu teraplikasi dalam tiap-tiap aspek yang ada dalam dunia musik baik itu industrinya, artisnya, albumnya, video klipnya maupun promonya. Dari beragam aspek yang berkembang salah satu aspek yang paling mencolok perkembangannya adalah transisi industri musik dari analog ke digital. Lagi-lagi kemajuan teknologi menjadi dalang dari evolusi ini, kemajuan teknologi di bidang computerize dan digitalize memberikan treatment yang sangat keras pada industri musik salah satunya berbeloknya penggunaan media musik dari yang dulu berupa persegi berbahan plastik dan berpita hitam kecoklatan atau yang populer kita sebut kaset menjadi ke arah format digital berupa file yang bernama MP3.

Di penghujung dekade pertama abad ke 21 ini, inovasi dan kreatifitas di bidang musik semakin berkembang. Setelah kita mengenal album format digital yang dikeluhkan pelaku musik karena membudidayakan dengan pesat pembajakan, sekarang kita mengenal istilah “jualan via RBT”. Ya, RBT singkatan dari kata Ring Back Tone suatu media baru bagi industri musik untuk berkembang dengan bekerja sama dengan industri komunikasi nirkabel atau provider seluler.

Kehadiran RBT menjadi suatu fenomena yang luar biasa dimasyarakat karena dianggap mampu mewakili kepribadian, perasaan, karakter seseorang berdasarkan lagu yang mereka pergunakan sebagai RBT di ponsel mereka. Selain itu RBT juga menjadi sebuah tolok ukur baru bagi pelaku musik ( artis ), sebagai contoh masih tersimpan dengan rapi di dalam rak memori otak kita mengenai fenomena alm.“MBAH SURIP” dimana beliau “meledak” popularitasnya karena lagunya berjudul “Tak Gendong” digemari masyarakat. Histeria tersebut berlanjut dengan penggunaan RBT lagu tersebut hingga mencapai jutaan orang. Entah apalagi yang akan terjadi di industri musik ke depannya namun evolusi yang dialami industri musik di era milenium sangatlah cepat dan dinamis mengikuti perkembangan teknologi.



FRANCHISING

Sebelum era milenium dimulai, franchising masih masuk kategori bahasa asing yang jarang dipergunakan dalam keseharian. Saat ini, franchising menjadi kosakata umum untuk sebagian orang, sebagian lagi mengenal waralaba dan dua istilah itu mengarah ke arti yang sama yaitu “beranak pinak dagang”. Ya, kata beranak pinak adalah salah satu kata yang mampu mewakilkan perkembangan dunia waralaba di Indonesia. Sebelum waralaba menjadi rujukan masyarakat Indonesia untuk menghabiskan uang mereka atau tepatnya sebelum era milenium hanya beberapa saja dari waralaba yang kita tahu. Umumnya waralaba pada era tersebut bergerak di bidang pangan dan daily need stockist alias beda’ alias toserba. Sebut saja Pizza hut, Wendy’s, kentucky Fried Chicken dan Fried Chicken-Fried Chicken lainnya serta stockist macam Indomart, Alfa, Sinar.

Setelah era milenium meletus seperti jerawat ABG puber, perkembangan waralaba mulai menanjak dan berjalan padat merayap seperti kemacetan tol porong saat weekend. Namun seiring berputarnya waktu perkembangan waralaba hingga saat ini mulai deras seperti arus jeram sungai songa. Begitu banyak franchise-franchise bertebaran dan menawarkan beragam produk yang menyasar beragam jenis kebutuhan masyarakat, tapi tetap saja stereotipe tak pernah lepas dari otak kiri kita hasilnya tetap saja berujung di pemenuhan salah satu daily needs yaitu pangan.

Mulai dari bakso kepala sapi, tela krezz, jamur krunchy, edam burger, kebab turki dan yang lainnya yang jika disebutkan akan memperlama proses upload artikel ini di blog kami. Warawara-labalaba tersebut menjamur seperti kedelai yang kebanyakan ragi alias tempe gembos alias menjes, seluruh waralaba itu bergerilya bak pasukan pangeran diponegoro saat melawan penjajah. Mereka tersebar di berbagai sudut kota mulai dari ruko-ruko hingga bersaing dengan penjaja gorengan keliling di pinggiran supermarket.

Dengan pesatnya perkembangan tersebut menjadikan waralaba sebagai suatu media bagi masyarakat untuk menggondol titel ENTERPRENEUR atau sekedar mengikuti euforia yang sedang terjadi. Namun tetap saja waralaba merupakan suatu wahana untuk mengembang-biakkan lapangan kerja bagi masyarakat indonesia dan menggerakan kembali roda perekonomian Indonesia.



BANGKITNYA TRANS TV

STAGNASI adalah salah satu kata yang mampu mewakilkan perkembangan dunia pertelevisian swasta di Indonesia, sinetron, berita, tayangan olahraga hingga masak-memasak menjadi menu wajib stasiun televisi swasta sebelum akhirnya muncul stasiun televisi swasta bernama TRANS TV. Tayangan yang variatif yang ditawarkan TRANS TV memperlebar pandangan kita mengenai televisi dan menambah durasi waktu kita untuk menghabiskan waktu memandangi layar kaca di rumah kita. Pergerakan TRANS TV dalam memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk membunuh waktu senggang maupun mencari informasi sangatlah dinamis bila dibandingkan dengan satsiun televisi lainnya.

Memang TRANS TV bukan pelopor di bidang reality show, namun kepekaannya dalam membaca AIO masyarakat indonesia mampu memberikan mereka ramuan ajaib yang tepat sehingga TRANS TV mampu menghasilkan “jamu-jamu” yang dibutuhkan masyarakat Indonesia untuk menyegarkan pikiran mereka dengan menonton televisi. TRANS TV semakin “menggila” setelah mengakuisisi TV 7 dan merubah namanya menjadi TRANS7 dan TRANS TV menggelembungkan diri menjadi TRANS CORP.

Begitu banyak fenomena yang mampu dihasilkan TRANS CORP di peta wawasan masyarakat. Beragam acara variety show dan reality show menjadi “striker” yang produktif dalam mencetak gol. Acara-acara yang ditayangkan TRANS CORP sering menjadi topik pembicaraan masyarakat. Semisal, termehek-mehek, oper van java, jejak petualang, extravaganza, ceriwis, wisata kuliner dengan pak bondan dan masih banyak lagi. Acara-acara tersebut tentu saja melambungkan nama TRANS CORP.

Fenomena lain adalah sistem marketing dan manajemen dari TRANS CORP yang di-branding sedemikian rupa sehingga mampu membius banyak fresh graduate untuk bergabung dengan mereka. TRANS CORP sukses dalam melakukan positioning di masyarakat sebagai stasiun televisi swasta yang paling dinamis dan inovatif dalam tayangan televisinya. Invasi TRANS CORP tidak berhenti begitu saja, saat ini seperti yang kita tahu baru saja TRANS CORP meresmikan taman hiburan indoor terbesar di asia, TRANS STUDIO di makassar. Hal ini menjadi bukti bahwa TRANS CORP bersungguh-sungguh dalam memenuhi kebutuhan entertaiment masyarakat indonesia.

DISTRO – CLOTHING LOKAL

Adalah sebuah terobosan yang menikung industri pakaian saat ini, suatu “pandemik” yang meluas di dunia anak muda. Walaupun awal fenomena ini bermula di akhir tahun 90-an, namun proses perkembangannya bergulir cepat di era awal milenium baru. DISTRO yang dulunya merupakan usaha kecil dan bersifat lokal kini menjadi sebuah usaha berkapasitas mass production dan percabangan jalur distribusi yang mengakar ke berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri.

Saat ini, banyak anak muda yang memilih untuk menggunakan produk-produk clothing lokal daripada produk luar. Pertimbangannya, selain desain tentu saja harga yang masih terjangkau bila dikomparasikan dengan produk luar. Salah satu faktor pendukung berkembangnya industri ini ya mau tidak mau kita harus mengarahkan jari telunjuk kita pada kemajuan teknologi dan pesatnya arus informasi. Dari dua hal tersebutlah mampu menghantarkan industri ini ke masa ke-emasannya saat ini.

Transformasi infrastruktur dari industri inipun juga mengalami perkembangan, dari yang dulu hanya membuka gerai di salah satu rumah owner-nya sampai saat ini berani membuka gerai di mall (three second, greenlight ), membuka website, online shop dan yang tergila toko berjalan ( airbus one – airplane ). Industri inipun juga bersaing ketat antar pemain yang berujung pada perang branding antar clothing yang saling berusaha menampilkan produk-produk yang merepresentasikan attitude dari anak muda. DISTRO juga merupakan salah satu bentuk evolusi yang mampu memberikan impact paling besar pada gaya hidup anak muda jaman sekarang terutama dari segi penampilan. Hal ini juga yang memberikan pengaruh perkembangan fashion di Indonesia.

CONCLUSION :

Dari beberapa fenomena di era milenium baru saat ini, dapat ditarik satu benang hijau bahwa terdapat elemen-elemen yang mampu menggerakan roda gaya hidup manusia pada umumnya. Elemen-elemen itulah yang menjadi biang kerok, kambing hitam, dalang, bidan, koki dan tukang-tukang lainnya dalam memproduksi beragam produk maupun pemikiran yang menggiring masyarakat untuk mengubah gaya hidup mereka ke arah yang sesuai dengan euforia yang terjadi di masyarakat itu sendiri. Suatu euforia yang muncul tanpa disadari karena beriringan dengan evolusi kebutuhan manusia ke arah yang lebih kompleks dan transparan.

Kemajuan teknologi dan percepatan informasi. Dua elemen kehidupan inilah yang menjadi bahan utama perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi memberikan impact yang sangat besar dalam kehidupan manusia di bumi ini. Mesin uap, komputer, internet adalah sebagian contoh kecil dari berjuta-juta teknologi yang telah ditemukan manusia dan teknologi itu sendiri yang telah menggiring masyarakat pada umumnya dan manusia pada khusunya ke arah gaya hidup yang kompleks. Teknologi membuat manusia menambahkan beragam kebutuhan baru di strata-strata piramida aktualisasi diri.

Hal ini juga didukung penuh percepatan informasi yang merupakan hasil primer dari sebuah teknologi. Dengan derasnya arus informasi, manusia mampu meng-up grade diri mereka sesuai kondisi dan kebutuhan mereka. Dari sinilah kemampuan manusia dalam beradaptasi berkembang pesat menyesuaikan tuntutan hidup dan kebutuhan mereka yang pada akhirnya terfermentasi menjadi satu gaya hidup baru di era manusia modern.


1 comment:

  1. How to Play Baccarat - FABCASINO
    Baccarat is 바카라사이트 a gambling game that can be played for a number of kadangpintar players. It is a fast, 메리트카지노 easy and fun game. Most people know that a person can't just sit

    ReplyDelete

Followers